Pengaruh Situasi
Situasi dapat mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli
suatu produk atau barang. Terjadinya pembelian yang tidak direncanakan pernah
dilakukan oleh siapa saja terutama pada waktu berbelanja di toko-toko pengecer.
Sekarang ini banyak sekali toko-toko, pengecer, supermarket, mall dan lain-lain
bermunculan menawarkan barang kebutuhan kepada konsumen. Sengitnya tingkat
persaingan di antara supermarket, toko, pengecer, mall dan lain-lain menuntut
setiap penjual berusaha menawarkan berbagai rangsangan yang mampu menarik minat
konsumen untuk melakukan pembelian.
Untuk itu situasi pembelian terutama lingkungan fisik
seperti warna, suara, cahaya, cuaca, dan pengaturan ruang dari orang perlu
diperhatikan penjual, karena adanya lingkungan fisik yang menarik diharapkan
mampu menarik konsumen untuk melakukan pembelian yang tidak direncanakan sebelumnya.
Begitu pula dengan ketersediaan waktu yang dimiliki konsumen, karena konsumen
yang mempunyai waktu terbatas akan terbatas pula mencari dan mengolah informasi
yang ada dalam toko sehingga konsumen hanya melakukan pembelian yang
direncanakan saja, sebaliknya bagi konsumen yang mempunyai waktu mencukupi akan
melakukan pencarian informasi dan mengolahnya dengan baik sehingga diharapkan
dapat memunculkan keinginan pembelian barang yang tidak direncanakannya. Namun
pembelian yang tidak direncanakan yang dilakukan konsumen terlebih dahulu
mempertimbangkan kebutuhan, nilai dan ketertarikannya (keterlibatan) pada
produk yang akan dibeli.
Menurut Robinson Terdapat 3 jenis situasi pembelian:
1. Pembelian Ulang langsung
Situasi pembelian dimana departemen pembelian memesan ulang
secara rutin
2. Pembelian ulang yang dimodifikasi
Situasi dimana pembeli ingin memodifikasi spesifikasi
produk, harga, syarat-syarat pengiriman, atau persyaratan lain
3. Tugas Baru
Situasi pembelian dimana seorang pembeli membeli suatu produk
atau jasa untuk pertama kalinya.
menurut Mowen dan Minor (1998) situasi konsumen adalan
faktor lingkungan sementara yang menyebabkan suatu situasi dimana perilaku
konsumen muncul pada waktu tertentu dan tempat tertentu.
Berikut adalah karakteristik situasi konsumen:
1. Lingkungan Fisik
Sarana fisik yang menggambarkan situasi konsumen yang
meliputi: aroma, cahaya, lokasi, dekorasi, cuaca dan objek fisik lainnya yang
ada di sekeliling konsumen
2. Lingkungan Sosial
Ada tidaknya orang lain dalam situasi tersebut
3. Waktu
Waktu atau saat perilaku muncul (jam, hari, musim libur,
bulan puasa, tahun baru)
4. Tujuan
Tujuan yang ingin dicapai pada suatu situasi. Misalkan
konsumen akan berbelanja lebih banyak makanan karena dirumahnya sedang ada
pengajian dibandingkan dengan sehari-harinya.
5. Suasana Hati
Suasana hati atau kondisi jiwa sesaat (misalnya senang,
perasaan khawatir, tergesagesa, sedih, marah) yang dibawa pada suatu situasi.
Jenis-Jenis Situasi Konsumen:
1. Situasi Komunikasi
2. Situasi Pembelian
3. Situasi Pemakaian
SUMBER:
http://frommarketing.blogspot.com/2009/06/pentingnya-situasi-pembelian-bagi.html
Harrah's Resort Southern California - MapyRO
BalasHapusHarrah's Resort Southern California - 수원 출장마사지 See 6 photos 제천 출장마사지 and 세종특별자치 출장샵 1 tip from 1678 visitors 전라남도 출장샵 about Harrah's Resort Southern California. "Nice place to stay. The staff is 제주도 출장샵 great and the food is very good". Rating: 8.6/10 · 1,878 votes